Fiqih : Sunat2 Wudlu

Lanjutan Bab Thoharoh (Kitab Bersuci)

و سنته عشرة اشياء ؛ التسمية و غسل الكفين قبل ادخالهما الا ناء و المضمضة و الاستنشاق و مسح جميع الرأس و مسح الاذنين طاهرهما و بطنهما بماء جديد و تحليل اللحية الكثة و تحليلل اصابع اليدين والرجلين و تقديم اليمني علي اليسري و الطهارة ثلاثا ثلاثا والموالاة ؛ التذهيب ص ١٥~١٦

Sunat-sunat wudhu ada 10 (sepuluh), yaitu : Membaca Basmalah 1) ; Membasuh kedua telapak tangan sebelum dimasukkan ke dalam bejana ; Berkumur ; Menghirup air dengan hidung ; Mengusap seluruh kepala 2) ; Mengusap kedua telinga, luar dan dalamnya dengan air yang baru 3) ; Menyela-nyelai jenggot yang lebat 4) ; Menyela-nyelai jari-jari tangan dan kaki 5) ; Mendahulukan (membasuh) anggota badan yang kanan dari yang kiri 6) ; Bersuci tiga kali 7) ; Dan beruntun 8).

Penjelasan :

1). Imam An-Nasai dengan isnad yang jaiyid meriwayatkan dari Sohabat Anas ra, ia berkata ; Sebagian dari sahabat-sahabat Nabi SAW mencari air untuk wudlu, namun mereka tidak menemukan air. Lalu Nabi SAW bersabda : Apakah di antara kalian ada yang (telah) membawa air ?. Maka diberikannya air tersebut kepada Nabi SAW. Lalu beliau meletakkan kedua tangannya dalam bejana dimana air itu ada di dalamnya. Kemudian sabdanya :

توضؤا ببسم الله

“Berwudulah kalian dengan menyebut nama Alloh (=dengan membaca bismillaah… )”.

Dan aku melihat air memancar dari sela-sela jari beliau, sehingga air mencukupi untuk wudlu sekitar tujuh puluh orang.

2). Dalil dari sunat-sunat wudlu yang empat ini adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim dari hadits Abdillah bin Zaid ra. Beliau ditanya tentang wudlu Rasululloh SAW. Lalu beliau meminta satu bejana air, kemudian beliau memperlihatkan kepada mereka (para penanya) bentuk wudlunya Nabi SAW. Beliau alirkan air dari bejana dan membasuh tangannya sampai tiga kali, kemudian memasukkan tangannya dalam bejana. Lalu berkumur, mengisap air dengan hidungnya dan menyemprotkannya dengan tiga kali cidukan. Kemudian memasukkan tangannya dan membasuh wajah tiga kali. Kemudian memasukkan lagi tangannya dan mengusap kepalanya dari depan dua kali dan dari belakang sekali. Kemudian membasuh kedua kakinya sampai mata kaki.

3). Imam At-Turmudzi meriwayatkan –dan menetapkan keshahihan riwayatnya- dari Sohabat Ibnu Abbas ra, bahwasanya Nabi SAW mengusap (seluruh) kepalanya dan kedua telinganya, luar dan dalamnya.

Dalam riwayat Imam An-Nasai. Beliau SAW mengusap kepala dan telinganya. Bagian dalam dengan jari penunjuknya dan bagian luar dengan ibu jarinya.

Imam Al-Hakim meriwayatkan dari hadits Sohabat Abdillah bin Zaid ra, dalam hal bentuk dari wudunya Rasululloh SAW. Bahwasanya beliau SAW berwudlu, lalu mengusap kedua telinganya dengan air yang bukan bekas dipakai untuk mengusap kepalanya. Berkata Al-Hafidz Adz-Dzahabi ; Riwayat tersebut shahih.

4). Imam Abu Daud meriwayatkan dari Sayidina Anas ra. Bahwasanya Rasululloh SAW bila berwudu beliau mengambil secawuk air dan memasukkan di bawah mulut, lalu menyela-nyelai jenggotnya dengan air tersebut. Kemudian katanya :

هكذا امرني ربي عر و جل

“Demikianlah yang diperintahkan kepadaku oleh Tuhanku Azza wa Jalla”.

5). Dari Sohabat Laqith bin Shabarah ra ia berkata. Saya bertanya, Ya Rasululloh, ceritakanlah aku mengenai wudlu. Lalu beliau bersabda :

اسبغ الوضوء و خلل بين الاصابع, و بالغ في الاستنشاق الا ان تكون صائما

“Sempurnakanlah wudu dan sela-selailah antara jari-jari, serta kuatkanlah dalam beristinsyaq (menghirup air dengan hidung) kecuali jika kamu berpuasa”. (HR Abu Daud dan dishahihkan oleh At-Turmudzi dan lain-lain).

Makna  اسبغ الوضوء  = Sempurnakanlah wudu dengan melaksanakan rukun-rukun dan sunat-sunatnya.

6). Imam Al-Bukhari meriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, bahwasanya Nabi SAW berwudu …. Dst. Kemudian beliau mengambil seceduk air lalu membasuh tangan kanannya. Kemudian beliau mengambil seceduk air, lalu membasuh tangan kirinya. Kemudian mengusap kepalanya. Kemudian mengambil seceduk air yang terhampar di bawahnya dan membasuh kaki kanannya, lalu menceduk lagi dan membasuh kaki kirinya. Kemudian katanya ; “Demikianlah saya melihat Rasululloh SAW berwudu”.

7). Diriwayatkan oleh Imam Muslim ; Bahwasanya Utsman ra berkata : Apakah kalian tidak ingin aku perlihatkan wudu Rasululloh SAW ?. Kemudian beliau berwudu, masing-masing dilakukan tiga kali.

8). Yakni beruntun dalam mensucikan (membasuh/mengusap) anggota-anggota wudlu, sekira basuhan pertama belum kering ketika beralih ke basuhan selanjutnya. Dalilnya adalah Ittiba (mengikuti) terhadap hal-hal yang telah maklum dari hadits-hadits di atas.

8) Peringatan :

Semua hadits yang menjadi dalil wudlu dari segi lahirnya menunjukkan wajib. Dan yang menunjukkan tidak wajib adalah Ayat Wudlu yang telah menerangkan wajib-wajibnya wudlu. Juga dalil-dalil lain yang sengaja tidak aku sebutkan di sini, khawatir terlalu bertele-tele.

Faidah :

Seusai wudu disunatkan membaca du’a :

اشهد ان لااله الا الله وحده لا شريك له و اشهد ان محمدا عبده و رسوله ؛ اللهم اجعلني من التوابين و اجعلني من المتطهرين ؛ سبحانك اللهم و بحمدك ؛ اشهد ان لااله الا انت استغرك و اتوب اليك

“Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Alloh sendiri, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Alloh, jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang bersuci. Maha Suci Engkau ya Alloh, dengan segala puji-Mu, aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu”.

Himpunan du’a di atas ada terdapat dalam beberapa hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Imam An-Nasai dalam amalan-amalan sehari semalam. Wallohu a’lam *** (Iqbal1 ; Ref. Attadzhieb, sh 15-16).

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 47 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: