Profile : Pondok Khozinaturrohmah

Abstrak :

Pondok Khozinaturrohmah ini adalah sebuah nama ma’had islamiyyah yang kecil,  majelis ta’lim di pelosok terpencil, Kampung Kaumkaler – Desa Sukaratu – Kecamatan Malangbong – Kabupaten Garut. Menyelenggarakan pendidikan pesantren salafiyah lil ahlussunnah wal jamaah, metode tradisional sorogan ilmu-ilmu keislaman, Qur’an, Tauhid, Fiqih, Akhlaq, Nahwu, Shorof, Tafsir, Hadits, Tarekh, Khot/Imla, dll., serta ada juga dengan diberikan tambahan keterampilan, semisal pertanian atau bercocok tanam. Khususnya mendidik dan mengasuh anak-anak pelajar santri agar mandiri dan memiliki bekal ilmu pengetahuan untuk keseharian dan pengembangan di masa depannya. Ikut berperan serta dalam kiprah kepedulian tafaqquh-fiddin dan andil memberikan solusi masalah sosial yang merebak.

Pemenuhan atas kebutuhan ini sangat hakiki, mengingat kemampuan masyarakat rata-rata langka atau lemah dalam penguasaan ilmu dasar keislamannya. Ditambah kelemahan dalam sumber daya ekonomi yang menyebabkan ketidak mampuan memperoleh pendidikan formal yang layak, sehingga banyak anak putus sekolah atau terlantar. Sangat lemah faktor internalnya. Tidak berlebihan kalau dikatakan sebagian anak-anak generasi umat islam di sini rentan mengalami kebodohan dan kemiskinan.

Masalah lain yang tidak kalah berat adalah menghadapi faktor eksternal yang kebijakannya tidak memihak kaum lemah. Rentan menimbulkan keruwetan multi-dimensi dan ketidak pastian. Lingkungan senantiasa berubah-rubah, mengakibatkan terjadinya dekadensi moral atau keterpurukan ahlak.

Ihtiar menerapkan pendidikan model pondok pesantren yang sangat sederhana ini, diharapkan menyumbangkan peningkatan kualitas umat memiliki sumber daya terbaharukan. Mendorong kemandirian, ikut mengikis kebodohan atau keterbelakangan, ikut menghidupkan pembelajaran ilmu-ilmu dasar agama Kita. Ikut sedikit memotong lingkaran mata rantai kemiskinan kultural maupun struktural. Cita2 memberi bekal ilmu atau keterampilan ‘ala pesantren untuk sedikit memberi nilai tambah santrinya supaya tidak menjadi ketergantungan.

Adalah Al-ustadz R. Agus Salim S., ajengan muda pemimpin pondok ini, juga dibantu oleh santrinya yang sangat concern terhadap misi dan komitmen di atas. Tanpa mengenal lelah, dedikasinya telah membuahkan hasil, alumni dari pondok ini rata-rata mampu membaca kitab salafiyah, menguasai fan ilmu alat yang cukup muskil.

Disamping itu, kepada santri yang berminat sekolah umum, diberi kesempatan ship pagi atau sore. Beberapa santri alumni ini, ada yang telah meneruskan ke beberapa perguruan tinggi atau melanjutkan ke pesantren lanjutan yang lebih tinggi. Alumni jadi memiliki kemampuan ganda, hal yang sangat dibutuhkan untuk mengarungi tantangan era persaingan global zaman ini.

Serta ada pula pelaksanaan beberapa program kegiatan pondok lainnya yang langsung menyentuh kebutuhan khalayak warga kaumkaler. Seperti pengelolaan pelaksanaan ibadah hewan qurban, penyediaan hidangan ifthor romadhon bersama warga, musafir, dll. berlangsung tepat sasaran dengan tatakelola amanah. Merekatkan jalinan silaturahmi dan kebersamaan. Mendorong akuntabilitas pengelolaan pondok kepada pemegang kepentingan, dll. Bi idznillah.

Wallohu ‘alam.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: