Tafsir Al-Qur’an : Kitab ‘Marrohu Labied Tafsier Al-Munier’

munir-almeshkat1Membuka keutamaan-keutamaan, mempelajari al-qur’anul kariem dengan maksud memahami maksud-maksudnya, atau ingin mengerti pengertian-pengertiannya, tidaklah semudah mengatakannya atau dengan dapat dilakukan langsung kepada terjemahannya, tetapi mutlak mesti dilakukan dengan menguasai berbagai cabang ilmu dan pengetahuannya, diantaranya ilmu tafsier. Kalaupun hanya baru dapat membacanya, itupun sudah cukup mendatangkan pahala dan akan mendapatkan maunahnya. Jika belum mumpuni tidak perlu memaksakan mengambil pemahamannya. Sangat diperlukan berpegang kepada Al-qur’an tersebut secara ilmiah.

Untuk menghindari kesalahan pengertian tersebut, maka tafsier al-qur’anul kariem yang disusun oleh para ulama mujtahidin mutlak, dapat menjadi rujukan dan dipakai untuk maksud tersebut di atas. Sangat dikuatirkan, atau karena ketidak-sungguh-sungguhan atau kesembronoan yang mengemukakan pemahaman dari aspek terjemahan semata, atau ro’yu akan mengakibatkan jatuh ke dalam kekufuran.

tafsir-munir-syeikh-nawawi-al-bantani-al-jawi1Disini tertampil Kitab Tafsir yang diberi nama ; “Marroohul Labied Lil Kasyfil Ma’naa Al-qur’aanul Majied” (Keranjang Yang Indah Serta Luas untuk Menyingkapkan Arti-arti Al-Qur’an Yang Agung) atau dikenal sebagai Kitab Tafsir “Marrohu Labied Tafsier An-Nawawie / Tafsier  Munier”, yaitu Kitab Tafsir lengkap Al-qur’anul Kariem yang disusun oleh Al-‘alamah Syeikh Muhammad Nawawi Al-Jawi Rohimahulloh, ulama Nusantara dari Tanara Banten – P. Jawa ; yang keilmuannya diakui ulama besar Islam lainnya secara internasional. Kitab2 susunan beliau digunakan sebagai mata pelajaran di pesantren2. Beliau mendapat gelaran pada zamannya ‘Sayid Ulama Hijaz’, ‘hujatul Islam 2’ setelah Imam Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali Rohimahulloh, atau ‘Nawawi 2’ dari Al-mu’allim Imam Nawawi Rohimahulloh, mujtahid besar dalam Madhab Imam Syafi’ie.

Kitab ini biasa dipelajari oleh Santri Lanjutan di kalangan Pesantren Salafiyyah untuk mengkaji Al-Qur’anul Adhiem dari aspek Ilmu Tafsir. Keutamaan kandungan materinya cukup lengkap, Intisarinya praktis, tidak kurang meliputi bahasan dari aspek Ilmu-ilmu Alat (Balaghah, Bayyan),  Fiqih, Tauhid, Ahlak / Tashawuf, dll.  (Wallohu ‘alam)

Materi Tafsier Munir dapat di-Klik secara online di alamat ini : http://www.almeshkat.net/books/open.php?cat=6&book=1013

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: