Pembangunan Karakter Jadi Solusi

Jakarta, Kompas – Beragam masalah yang terus mendera bangsa tak terlepas dari persoalan mendasar semakin hilangnya karakter bangsa. Pembangunan karakter melalui pendidikan dapat menjadi solusi bagi persoalan bangsa itu. Hal tersebut tak mungkin dicapai dengan instan.

Persoalan itu mengemuka dalam diskusi Forum Eksekutif yang diadakan Outward Bound Indonesia (OBI), Kamis (6/5) di Jakarta. Sebagai pembicara adalah mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup Sarwono Kusumaatmadja; Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Komaruddin Hidayat; Presiden Direktur PT Asuransi Adira Dinamika Willy S Dharma; peneliti dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) J Kristiadi; dan Global Advisory Council OBI John Hasell.

Berkembangnya oligarki dinasti politik di tingkat pusat dan daerah, menurut Kristiadi, menjadi salah satu indikasi ketiadaan karakteristik politik Indonesia. Ironisnya, hal itu justru disuburkan partai politik yang seharusnya menjadi filter dari sumber kekuasaan.

Contoh lain, korupsi di Indonesia. Menurut Hasell, jika kehormatan diri dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, yang menjadi salah satu pilar pembangunan karakter, itu dimiliki setiap individu, tentu individu itu tidak akan melakukan korupsi yang bisa merusak kebanggaan bangsa.

”Orang boleh kehilangan kekayaan atau yang lain. Namun, jika kehilangan karakter, habis semua,” kata Kristiadi.

Menurut dia, membangun karakter harus mulai dari pikiran yang baik dan dimulai dari diri sendiri. Karakter dibangun harus dimulai melalui penanaman nilai, pendidikan moral dan budi pekerti, serta pendidikan politik kewarganegaraan dan kebangsaan.

Pendiri dan Chief Executive Officer OBI Djoko Kusumowidagdo mengatakan, pembangunan karakter bangsa bukanlah hal yang mudah. (why)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: