Info Teknologi : Ponsel Picu Kanker Otak?

Tempo – Selasa, 18 Mei :

TEMPO Interaktif , Jakarta – Jenewa – Sejumlah peneliti mempertanyakan anggapan bahwa penggunaan telepon selular berisiko memicu kanker otak. Penelitian dari World Health Organization International Agency for Research on Cancer menyebutkan, masyarakat memandang bahwa menggunakan telepon selular lebih dari 30 menit setiap hari dapat meningkatkan risiko glioma atau kanker otak.

Gangguan pada otak itu disebaban radiasi telepon selular. Sehingga, semakin lama anda berbicara melalui telepon selular, semakin besar risiko terkena kanker otak.

Sementara dalam survey yang dilakukan sejumlah peneliti terhadap 13 ribu responden menyebutkan tidak ada pemantik dari penggunaan telepon selular yang memicu tumbuhnya sel tumor atau kanker pada otak. Menurut para peneliti, ada beberapa faktor yang belum teruji dalam anggapan tadi. Misalnya, bagaimana jika pengguna telepon selular berbicara menggunakan pengeras suara (loudspeaker) atau perangkat handsfree.

Mereka juga menyarankan supaya dilakukan investigasi lebih lanjut mengenai hubungan antara radiasi dari telepon selular dengan kerja otak. Selain itu, para peneliti juga berencana menguji apakah penggunaan telepon selular meningkatkan risiko tumor pada telinga yang mempengaruhi syaraf pendengaran serta dampak penggunaan telepon selular pada anak-anak.

Penelitian ini nantinya akan dipublikasikan di International Journal of Epidemiology yang menggabungkan hasil penelitian dari 13 negara, seperti Inggris, Kanada, Perancis, Jerman dan Jepang. Dalam pernyataan resminya Forum Perusahaan Telepon Selular menyambut baik penelitian tersebut. Menurut Forum, industri telepon selular tentunya ingin menciptakan teknologi telepon selular yang aman dan berkomitmen dalam bidang penelitian ilmiah. (Rini K | AP – Yahoo.news)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: