Rehat : Akibat Terlalu Emosi

Seorang general manager (GM) di sebuah perusahaan besar tiba-tiba melakukan inspeksi mendadak ke pabriknya untuk melihat kinerja bawahannya.

Di pabriknya, ia menemukan seorang pria muda yang tengah bersandar di dekat pintu. Nampaknya dia tengah bersantai. Semua pekerja yang ada di ruangan itu tengah sibuk bekerja, kecuali dirinya.

Sang GM segera menghampiri pemuda tersebut dan bertanya ; “Berapa gajimu seminggu?”. Dengan sedikit terkejut, pemuda itu melihat ke arah sang GM dan berkata ; “Se…. sekitar Rp 100.000,- per minggu. Memangnya kenapa Pak?”. Sang GM mengeluarkan dompetnya dan mengambil dua lembar uang 100 ribuan.

Ia memberikan pada si pemuda tersebut ; “Ini gajimu untuk dua minggu dan cepat pergi dari sini. Aku tak mau melihatmu lagi”.

Dengan keterkejutan yang luar biasa dan juga takut, si pemuda segera lari meninggalkan tempat tersbut tanpa banyak bicara.

Lalu dengan memasang muka wibawanya sang GM melihat para stafnya yang sedari tadi menyaksikan adegan tersebut ; “Adakah yang tahu, dari divisi mana manusia pemalas itu bekerja?”,  tanyanya.

Suasana menjadi hening sampai akhirnya seorang staf menjawab dengan sedikit ketakutan ; “Ia tidak bekerja di sini Pak.  Ia adalah pengantar pizza yang mengantar pesanan divisi HRD”.🙂

Have a positive day !.

Dalam Alfiyah bait 113, Ibnu Malik  telah mengatakan berupa analogi/tamsil bagaimana sifat penting yg wajib dimiliki oleh seorang pemimpin supaya efektif :

مُبْتَـدَأ زَيْدٌ وَعَـــاذِرٌ خَبَـــــرْ  ¤  إِنْ قُلْتَ زَيْدٌ عَاذِرٌ مَنِ اعْتَذَرْ

“Zaedun adalah mubtada (pemimpin) dan ‘Adzirun adalah khobar (pengikut) # Apabila mengucapkan kamu kalimat : Zaedun ‘Aadzirun Mani’ tadzar (Ki Zaed pemberi ma’af bagi orang yang meminta ma’af)”

Maknanya : Pemimpin harus mempunyai karakter dengan kecakapan dan keterampilan memimpin melebihi yang lain (Zaed), penuh kasih dan sayang, bersifat luwes, penuh pertimbangan, pema`af (`Adzir) terhadap siapa yang dipimpinnya (Mani’tadzar)”. – Wallohu a’lam ***(Iqbal1).

  • Rehat Klik : Tembang Sholawat Kangjeng Sunan Cirebonan
  • 3 Balasan ke Rehat : Akibat Terlalu Emosi

    1. jalaluddin mengatakan:

      pak ust, slm knl aja ni dari jalaluddin di jambi…
      tulisannya mantap juga menarik lg

    2. RIZVI mengatakan:

      Ustadz….WEB dan POSTINGAN MANTABS DAN SANGAT BERFAEDAH SEKALI.mohon izin copas ilmunya.Barokalloh Admin…..Sukron…..

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s