Akhlak : Nikmat Persaudaraan Muslim

Di antara nilai-nilai sosial ke¬manusiaan yang ditekankan oleh Islam adalah persaudaraan (ukhuwah). Bahwa hendaknya manusia hidup di masyarakat saling mencintai dan menolong dan diikat oleh perasaan layaknya anak-anak dalam satu keluarga. Mereka saling mencintai, saling memperkuat, sehingga benar-benar terasa bahwa kebahagiaan saudara adalah kebahagiaannya, dan persoalan saudara adalah persoalannya.

Al-Qur’an telah menjadikan hidup bersaudara itu suatu kenikmatan yang terbesar. Allah SWT berfirman yang artinya :“… Dan ingatlah akan nikmat Allah SWT kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah SWT mempersatukan hatimu, kemudian menjadikan kamu karena nikmat Allah SWT orang-orang yang bersaudara.” (QS. Ali Imran / 3 : 103).

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ

إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا

 وَكُنْتُمْ عَلَى شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا كَذَلِكَ

 يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Terjemah Tafsir Singkat :

Dan hendaklah mereka berpegang teguh kepada Allah dan ajaran Nya dan selalu mengingat nikmat yang dianugerahkan Nya kepada mereka.

Dahulu di masa jahiliah mereka bermusuh-musuhan sehingga timbullah perang saudara yang beratus-ratus tahun lamanya, seperti perang antara kaum `Aus dan Khazraj.

Maka Allah telah mempersatukan hati mereka dengan datangnya Nabi Muhammad SAW dan mereka telah masuk ke dalam agama Islam dengan berbondong-bondong.

Allah telah mencabut dari hati mereka sifat dengki dan memadamkan dari mereka api permusuhan sehingga jadilah mereka orang-orang yang bersaudara saling cinta mencintai menuju kebahagiaan bersama.

Juga karena kemusyrikan, mereka berada di tepi jurang neraka, hanya terhalang oleh maut saja. Tetapi Allah telah menyelamatkan mereka. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat Nya, agar kaum muslimin mendapat petunjuk dengan sebaik-baiknya dan mensyukuri nikmatnya agar supaya nikmat itu terpelihara. Wallohu ‘alam. ***

4 Balasan ke Akhlak : Nikmat Persaudaraan Muslim

  1. abu hanan mengatakan:

    assalamu alaykum
    sekalin sebar undangan acara bakar ikan di telaga kalbu.
    waktu dan tempat dipersilahkeun.
    lokasi
    https://isyfatihah.wordpress.com/2011/09/19/hijab-dan-sumur/

    salam ukhuwah

  2. iqbal1 mengatakan:

    Wa ‘alaikumussalam wr wb,

    Tks Mas Abu Hanan atas kebersamaannya.

    Jadi ternyata yg mesti dijaga dg sangat adalah terjerumus kembali kepada kemusyrikan, atau hal2 yg dapat mengancam dirinya dari ‘nar’.

    Terjaga diri kepada Riddah dari aspek keimanan, keislaman dan perilaku (ahlak/tasawuf), taqwalloh, adalah hablillah itu.

    Semoga kita dapat memahami nikmat rahmat dg menyikapi adanya fakta perbedaan2 diantara sesama kaum muslimin.. , amin.

    Terlepas dari itu semua, pada kenyataannya semua ‘manusia’ terlahir bukan atas permintaan dirinya. Begitu juga, kita hanya sekedar sedang mampir, mungkin ada yg berteduh di bawah pohon yg rindang, terlena. Hanya sebentar saja, dan tdk sadar kalau kemudian harus melanjutkan perjalanan yg tdk akan berujung…🙂

    Salam,

  3. Samaranji mengatakan:

    Alhamdulillah,,,
    sungguh ni’mat yang harus diyukuri, namun sangat berat untuk mengimplementasi… ketika kita harus dihadapkan pada perbedaan madzhab, manhaj, etc….

    • iqbal1 mengatakan:

      Amin..🙂

      He.he.he… Jangan pernah menyesal telah dilahirkan.

      Hidup adalah perjuangan. Semakin pohon tinggi menjulang, semakin kencang angin menerjang. Atau, jadilah hanya sekedar rumput, yang akan di-injak-injak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s