Humor Nahwu

ادع الى سبيل ربك بالحكمة والموعظة الحسنة

وجادلهم بالتي هي احسن

Ma’nahu Wallohu ‘Alam : “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik”. (QS. An Nahl : 125).

—–

Disitu ada Fi’il Muta’addi (Ud’u) ; tapi tak disebutkan “Maf’ul bih-nya”. Kenapa ?.

Karena sudah karuan jelas, yang diajak adalah yang belum berada di jalan Allah. Seperti halnya kernet ngajak naik bis, yang diajak yang belum naik.

Ketika ngajak, kernet sudah naik duluan. Dan kernet biasanya tidak memaksa. Yang suka maksa-maksa itu calo.

Calo tidak ikut naik bis. 🙂

4 Balasan ke Humor Nahwu

  1. asa_asin mengatakan:

    mantap nih, hehehe. kang, share dong seperti kalimahan nahwu, sorof bahasa sunda🙂

  2. Samaranji mengatakan:

    Assalamu’alaikum.

    Hiks… T_T
    takut jadinya, entah sy tergolong yg mana ? Kernet apa calo.

    …enakan jd penumpang, tinggal “sam’an wa tho’atan”. Selanjutnya tinggal memohon taufiq dan hidayah Allah Ta’ala.

    Hehe… , tks Mas Samaranji… amin.

    …ini hanya tamsil, metafora atau analogi saja thd karakter fi’il muta’adi, fi’il dg fa’il yg menjangkau maf’ul bih.😉

  3. RIZVI mengatakan:

    ASSALAMUALAIKUM……Ustadz..kalo saya copy seluruh kajian alfiyah di blog ini bgmn hukumny?cos saya seneng bangat dg blog ini.sukron

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: