Fiqih : Pemakaian Bejana dari Emas dan Perak

Lanjutan Bab Thoharoh

فصل : ولا يجوز استعمال اواني الدهب والفضة, ويجوز استعمال غيرهما من الاواني ؛ دليل تقريب \ التدهيب

(Adapun ini adalah sebuah Fasal) ; Pemakaian bejana-bejana yang terbikin dari emas dan atau perak tidak diperbolehkan (1, sedang pemakaian bejana-bejana yang lain selain dari kedua bejana tersebut di atas diperbolehkan (2.

Keterangan :

1). Imam Bukhori dan Imam Muslim meriwayatkan dari Sahabat Hudzaifah ibnul Yaman ra, ia berkata : Aku mendengar Rasululloh SAW bersabda ;

لاََ تَلْبَسًوا اَلْحَرِيًرَ وَلاَ الدِّيْبَاجَ, وَلاَ تَشْرَبًوا فِي ا‘ نِيَةِ الدَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَلاَ تَاْكًلواْ فِي صِحَا فِهَا, فَاِنَّهَا لَهًمْ فى الدًّنْيَا وَلَنَا فِى الاَخِرَةِ ؛ رواه البخاري و مسلم

“Janganlah kalian memakai (pakaian) sutera dan dibaj/brokat (jenis sutera) ; dan janganlah kalian minum dalam bejana-bejana emas dan perak, serta janganlah kalian makan dalam pinggan-pinggan emas dan perak. Karena sesungguhnya barang-barang itu untuk orang-orang kafir di dunia dan untuk kita besok di akherat”.

Untuk pemakaian bejana lain (selain makan dan minum) diqiyaskan dengan makan dan minum (=haram). Keharaman ini berlaku bagi laki-laki dan perempuan.

2). Karena bejana-bejana tersebut suci. Segala sesuatu pada asalnya adalah diperbolehkan, kecuali ada dalil yang menunjukkan keharamannya. Wallohu a’lam *** (Iqbal1 ; Taqrieb / Attadzhieb).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: