Lanjutan : Batas Waktu dan Perbatalannya Mengusap Sepatu

Batas Waktu :

وَيَمْسَحُ الْمُقِيْمُ يَوْمًا وَلَيْلَةً وَالْمُسَافِرُ ثَلَاثَةَ اَيَّامٍ بِلَيَالِيْهِنَّ وَابْتِدَاءُ الْمُدَّةِ مِنْ حِيْنِ يُحْدِثُ بَعْدَ لُبْسِ الْحُفَيْنِ فَاِنْ مَسَحَ فِي الْحَضَرِ ثُمَّ سَافَرَ اَوْ مَسَحَ فِي السَّفَرِ ثُمَّ اَقَامَ اَتَمَّ مَسْحَ مُقِيْمٍ ؛ التذهيب , ص ٢٩~٢٨

(Lanjutan Fasal Mengusap Sepatu) : Orang yang mukim (tidak bepergian) dapat mengusap satu hari satu malam ; Sedang musafir (batas waktu boleh mengusap) tiga hari tiga malam 1). Permulaan batas waktu dihitung sejak berhadas (yang pertama) setelah memakai sepatu. Bila telah mengusap di rumah, kemudian bepergian, atau telah mengusap dalam bepergian kemudian mukim, maka ia harus menyempurnakan pengusapan (sebagai orang yang) mukim.

Penjelasan :

1). Imam Muslim dan lain-lain meriwayatkan dari Syuraih bin Hani, ia berkata : Aku datang kepada Aisyah ra. untuk menanyakan tentang mengusap sepatu. Kata Aisyah : Datanglah kepada Ali, ia lebih tahu tentang hal ini daripada aku. Ia pernah bepergian bersama Rosululloh SAW. Maka akupun lalu bertanya kepadanya. Dan jawabnya : “Rosululloh SAW menentukan tiga hari tiga malam untuk musafir, dan sehari semalam untuk orang yang mukim.

***

Perbatalan Mengusap Sepatu :

وَيَبْطُلُ الْمَسْحُ بِثَلَاثَةِ اَشْيَاءَ ؛ بِخَلْعِهِمَا وَانْقِضَاءِ اْلمُدَّةِ وَمَا يُوْجِبُ الْغُسْلَ ؛

Pengusapan (sepatu) menjadi batal karena tiga hal : Karena dilepas, Telah habis batas waktunya ; Dan karena adanya hal yang mewajibkan mandi 2).

Penjelasan :

2). Imam At-turmudzi meriwayatkan dari Shafwan bin “Asal ra, ia berkata : Adalah Rosululloh SAW memerintahkan kami bila kami bepergian agar mengusap sepatu-sepatu kami dan tidak perlu melepaskannya selama 3 hari, dari buang air besar, kencing dan tidur. Kecuali dari janabah (hadas besar). Wallohu a’lam.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: