Catatan : Cara dan Do’a Shalat Istikharah

Istikharah menurut Imam Nawawi dalam kitab al-adzkar sangat dianjurkan (sunnah) pada semua perkara yang memiliki beberapa alternatif. Rasulullah dalam sebuah hadits riwayat Sayidina Jabir Ibn Abdillah ra bersabda :

اذا هم أحد كم بالأمر فليركع ركعتين ثم ليقل : أللهم … الخ ; رواه البخاري  

Jika diantara kalian hendak melakukan perkara/urusan, maka rukuklah (shalatlah) dua rakaat : kemudian berdoa… (HR. Bukhori).

Redaksi dalam hadits tersebut menggunakan kata ‘al-amr’  yang berarti perkara atau urusan yang mengandung makna umum. Meski demikian berbagai perkara wajib tidak perlu di-istikharahi. Sebab kita tidak punya pilihan lain. Yakni yang wajib harus dilakukan dan yang haram harus ditinggalkan. Tidak perlu istikharah apakah akan mengerjakan shalat atau tidak misalnya. Demikian juga dengan mencuri, berzina dan sejenisnya.

Istikharah adalah upaya memohon kepada Allah swt agar memberikan pilihan terbaik kepada kita akan hal-hal yang memang kita punya hak untuk memilih antara mengerjakan dan meninggalkan. Seperti pekerjaan misalnya, kita diperbolehkan bekerja sebagai pedagang, petani, pengusaha dan sebagainya.

Shalat istikharah sangat mudah, yaitu shalat dua rakaat dengan niat istikharah :

أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى

Aku berniat shalat istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala

Rakaat pertama setelah membaca surat al-Fatihah memabaca surat al-Kafirun. Dan rakaat kedua setelah al-Fatihah membaca surat al-Ikhlas. Kemudian setelah salam membaca do’a :

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadaMu dengan ilmu pengetahuanMu dan aku mohon kekuasaanMu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaanMu. Aku mohon kepadaMu sesuatu dari anugerahMu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini -(orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya)- lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku sukseskanlah untuk ku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untuk ku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaanMu kepadaku.”

Setelah shalat istikharah, biasanya di dalam hati timbul rasa tenang dan mantap terhadap salah satu alternative yang ada. Bisa juga hasil istikharah diketahui lewat mimpi, dengan isyarat dan simbol-simbol tertentu. Kalau masih ragu, istikharah dapat diulang dua atau tiga kali. Wallohu a’lam. *** (Iqbal1 ; Al-Adzkar).

Sumber : KH.MA. Sahal Mahfudh. Dialaog Problematika Umat.

5 Balasan ke Catatan : Cara dan Do’a Shalat Istikharah

  1. Salim mengatakan:

    jazakallah,, akhi. . postingan ini tiba disaat yg tepat!! syukran atas pencerahannya🙂

    —-

    Alhamdulillah ;
    kita senantiasa dihadapkan terhadap berbagai pilihan, masalah. dg berbagai alternatif2 kemungkinan untuk pengambilan keputusannya, berpikir keras. tidak jarang kita diliputi keraguan dan rasa was-was, kerisauan, kuatir takut keliru. solusinya tiada lain dengan shalat istikharoh. mendapatkan ketetapan hati untuk memilih atas rido dan petunjuk dari yang maha mengetahui. insya Alloh.

    hidup adalah pilihan, buatlah ‘projek’ yg tdk akan terhenti manfaatnya.🙂

    tks kang salim,
    iqbal

  2. Salim mengatakan:

    betul,betul,betul. .!!
    setuju sekali kang Iqbal🙂

    —–

    Hatur nuhun -akhi salim-😉

  3. De hoppus mengatakan:

    alhamdulilah hrobbil a’lamin….
    berkat sholat ini saya benerbener di beri petunjuk setelah melakukannya berulag-ulang, jadi sebelum saya mendapatkan petunjuknya, saya selalu mengulangi dihari berikutnya….
    alhamduliah Alloh begitu menyayangi umatnya.

    ——

    Benar seperti demikianlah.
    Insya Alloh… Tidak ada sesuatu yang sulit diraih, jika kita telah berusaha dan -selalu bersama -Nya-. Begitu juga, tidak ada hal yang mudah diraih, jika kita jauh bersama-Nya. Barokalloh.

    Salam,
    Iqbal

  4. pengusahaapasaja mengatakan:

    bang sy gg ngerti arb gundul nih , dikasiih rambut ataw harokat np , biar orang awam kyk sy jg bisa baca klo perlu kasih latinnya biar semua orang bisa baca

  5. aaiy mengatakan:

    smoga inilah jalanku. insyallah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: