Mengusap Pembalut (Perban)

Lanjutan bab Thoharoh :

وَالصَّاحِبُ الْجَبَائِرِ يَمْسَحُ عَلَيْهَا وَتَيَمَّمُ وَيُصَلِّى وَلاَ اِعَادَةَ عَلَيْهِ اِنْ كَانَ وَضَعَهَا عَلَى طُهْرٍ ؛ التذهيب

Orang yang berpembalut, cukup mengusap pembalutnya, dan bertayammum lalu shalat. Dan tidak wajib baginya mengulangi shalatnya, apabila pemasangan pembalut dilakukan dalam keadaan suci 1). *** (Matan Taqrib).

Penjelasan :

1). Abu Daud dan lain-lain meriwayatkan dari Jabir ra. ia berkata : Kami keluar untuk suatu perjalanan. Tiba-tiba salah seorang di antara kami tertimpa batu dan melukai kepalanya. Kemudian ia berihtilam (mimpi dan mengeluarkan mani), lalu bertanya kepada kawan-kawannya ; “Apakah kalian tahu adakah rukhsah bertayamum untukku ?”. Kawan-kawan menjawab ; “Kami tidak menemukan rukhsah untuk engkau karena engkau masih bisa memakai air”. Maka ia pun lalu mandi, dan ternyata meninggal. Maka ketika kami datang kepada Rasululloh SAW dan mengkhabarkan hal itu kepada beliau, beliau bersabda :

 قَتَلُوْهُ فَتَعَلَهُمُ اللهُ اَلاََ سَأََلُواْ اِذاَ لَمْ يَعْلَمُواْ ؟ ـ فَاِنَّمَا شِفَاءُالُعِيِّ السُّؤَالُ. اِنَّمَا كَانَ يَكْفِيْهِ اَنْ يَتَيَمَّمَ وَيَعْصِرَ اَوْيَعْصِبَ جُرْحَهُ ثُمَّ يَمْسَحَ عَلَيْهِ ـ وَيَغْسِلَ سَائِرَ جَسَدِهِ ـ

“Mereka telah membunuhnya, maka Alloh akan membunuh mereka. Kenapa mereka tidak menanyakan kalau memang belum mengetahui ?. Bahwasanya obat dari kebingungan adalah bertanya. Bahwasanya ia cukup dengan bertayammum dan membalut lukanya, kemudian mengusapnya, dan menyiram seluruh bagian tubuhnya yang lain”.  Wallohu a’lam. *** (Taqrieb / Attadzhieb).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: