Warta : Masjid ‘Habibie’ Di Bandung Direnovasi

Bandung – Masjid Raya Habiburrahman yang kerap disebut kalangan jamaahnya sebagai masjid Habibie di Kelurahan Husein Sastranegara, Bandung sedang menjalani renovasi yang dilaksanakan PT Dirgantara Indonesia (Persero).

Pekerjaan rehabilitasi dan renovasi masjid berkapasitas 6.000 jamaah berusia 17 tahun itu perlu dilakukan mengingat berbagai sarana dan fasilitas masjid sudah rusak dan memerlukan perbaikan segera, menurut informasi Humas PT Dirgantara Indonesia (PT DI), di Bandung, Rabu (14/3).

Mesjid Habibie diresmikan Direktur Utama PT IPTN Prof Dr. Ing- BJ Habibie menjelang shalat Jumat 11 Maret 1993, dihadiri Menteri Perhubungan Haryanto Dhanutirto, Gubernur Jawa Barat R Nuriana, Ketua DPRD Jawa Barat H Agus Muhyidin dan Ketua MUI Jawa Barat KH Totoh Abdul Fatah.

Seiring dengan pertambahan karyawan PT. IPTN (kini PT DI) pada akhir 1980-an yang melebihi 10.000 orang, ketika itu dibutuhkan tempat ibadah memadai. Berbekal Rp. 2,25 miliar hasil swadaya karyawan selama 6,5 tahun dan sumbangan dari berbagai pihak sebesar Rp 466 juta, masjid mulai dibangun pada tahun 1991.

Setelah 17 tahun, banyak sarana dan fasilitas masjid kini perlu direhabilitasi, antara lain pengganti lantai utama mesjid yang semula beralaskan karpet yang sudah kotor dengan lantai kayu ulin, serta pengadaan sistem pengeras suara yang lebih baik.

Rehabilitasi terutama juga menyangkut tempat wudhu dan WC untuk mengurangi panjangnya antrian panjang selama ini, instalasi pengolahan air bersih untuk menjaga kesinambungan ketersediaan air dengan standar higienis, pengecatan dan pembuatan ruang serba guna berkapasitas tampung 1000 orang.

Dijelaskan, tujuan dari rehabilitasi tersebut adalah untuk meningkatkan kenyamanan jamaah dalam melaksanakan kegiatannya sesuai dengan misi utama yaitu sebagai pusat syiar Islam, wadah integrasi sosial karyawan dengan masyarakat sekitar dan media pembentukan pribadi karyawan yang menguasai ilmu pengetahuan dan juga iman-taqwa.

Sejak didirikan, Mesjid Raya Habiburrahman melaksanakan program kerja untuk meningkatkan kualitas umat Islam, baik jamah dari internal karyawan PTDI maupun jamaah eksternal yang ada di sekitar mesjid, yang berdomisili di kota Bandung dan luar kota Bandung.

Program-program tersebut meliputi bidang ibadah dan dakwah mencakup Shalat fardhu berjamah, peringatan hari besar Islam, Majelis ta’lim. Bidang pendidikan dan pelatihan meliputi program menghafal Al-Quran Pendidikan bahasa Arab. Dll. *** (Bid Promosi – Komunikasi PTDI).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: